ANALISIS MEDIA GAMBAR DAN PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALITAS PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Suwardi, (2023) ANALISIS MEDIA GAMBAR DAN PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALITAS PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH.

[img] Text
Ringkasan lenkap penelitian 2019 Suwardi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pemikiran mengenai media yang tepat dalam menanamkan nilai pluralitas. Penanaman nila pluralitas penting dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik antar suku, etnik, dan agama. Media gambar merupakan media yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai pluralitas dalam diri siswa karena sesuai dengan karakteristik berpikir anak usia SD yaitu konkrit, integratif, dan hierarkis. Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilaksanakan pada bulan Februari hingga September 2019 dengan subjek penelitian 283 siswa MI di Salatiga yang dipilih melalui teknik random sampling. Metode penelitian menggunakan; 1) metode dokumentasi dengan instrumen lembar analisis dokumen; 2) metode kuisioner dengan instrumen angket; 3) metode observasi dengan instrumen lembar pengematan. Data dianalisis menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam hal gambar yang menunjukkan perbedaan agama, sebanyak 9% siswa MI memilih rumah ibadah, 37% memilih kitab suci 54% siswa kelas 1 MI memilih gambar rumah ibadah; 2) dalam hal gambar yang menunjukkan perbedaan suku, 30% siswa memilih gambar pakaian, 33% siswa memilih gambar tarian daerah, dan 37% siswa memilih gambar tarian; 3) Dalam hal gambar yang menunjukkan perbedaan gender, 18% siswa kelas 1 MI memilih model rambut, 30% memilih cara berpakaian, dan 30% memilih mainan. Hasil penelitian tersebut memberikan rekomendasi sebagai berikut:a) Gambar tokoh agama disarankan untuk digunakan guru dalam menjelaskan keberagaman agama. b) Gambar tarian daerah, pakaian daerah, dan rumah adat memeliki peran yang seimbang dalam menjelaskan keberagaman suku; gambargambar tersebut dapat dipergunakan untuk menjelaskan keberagaman daerah; c) Gambar model rambut direkomendasikan untuk digunakan dalam menjelaskan keberagaman gender. Rekomendasi di atas dimaksudkan untuk menghindari gambar-gambar yang memicu perilaku membeda-bedakan agama, suku, dan gender.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2023 14:28
Last Modified: 05 May 2023 06:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16766

Actions (login required)

View Item View Item