EFEKTIFITAS METODE CERAMAH DALAM PENYAMPAIAN DAKWAH ISLAM (Studi pada Kelompok Pengajian di Perumahan Mojosongo Permai Kabupaten Boyolali Tahun 2013 )

Maryatin,M.Pd., Dra. (2023) EFEKTIFITAS METODE CERAMAH DALAM PENYAMPAIAN DAKWAH ISLAM (Studi pada Kelompok Pengajian di Perumahan Mojosongo Permai Kabupaten Boyolali Tahun 2013 ).

[img] Text
Jurnal dakwah.pdf

Download (911kB)

Abstract

Ceramah merupakan salah satu aktifitas dakwah yang tidak dipungkiri berada pada semua lini masyarakat dari masyarakat pinggiran sampai perkotaan , perkantoran, pemerintahan dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana efektifitas dakwah dilakukan melalui metode ceramah, apakah bisa memberikan kontribusi keilmuan terkait dengan pemahaman agama pada masyarakat perumahan Mojosongo Permai Metode penelitian kualitatif deskriftif dengan pendekatan study kasus, Adapun pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan para mubaligh, tokoh masyarakat, serta peserta pengajian Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajian dengan menggunakan metode ceramah di perum Mojosongo permai terbukti efektif apabila dipadukan dengan berbagai metode yaitu; ceramah, tanya jawab dan materi disajikan dengan tertulis. Adapun kegiatan pengajian rutin terlaksana setiap satu lapan sekali bertempat di rumah warga secara bergilir, aktifitas keagamaan yang ada di perum meliputi pengajian Kamis malam jum’at, santunan du’afa dan yatim piatu, qurban dan TPQ setahun sekali di bulan Romadhon

Item Type: Article
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 May 2023 15:58
Last Modified: 02 May 2023 15:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item