TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP DROPSHIPPING JUAL BELI PAKET DATA INTERNET DI SHOPEE (Studi Kasus Kota Salatiga)

purniawati, Heni (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP DROPSHIPPING JUAL BELI PAKET DATA INTERNET DI SHOPEE (Studi Kasus Kota Salatiga). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Heni Purniawati.pdf

Download (2MB)

Abstract

penelitian ini dilatar belakangi oleh sistem Dropshipping yang dilakukan Dropshipper Shopee. Praktik jual beli online sistem dropshipping ini menimbulkan fenomena baru dimana penjual (Dropshipper) tidak menyetok dan memiliki atau melihat secara langsung barang yang akan diperjual beli, sehingga di susun rumusan masalah pertama bagaimana sistem penjualan paket data internet oleh Dropshipper dari aplikasi Shopee? Dan Bagaimana tinjauan hukum Ekonomi Syariah mengenai penjualan paket data internet oleh Dropshipper dari aplikasi Shopee? Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data, kemudian penulis menganalisa data menggunakan metode analisa kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa pertama sistem jual beli online dropshipping dari aplikasi shopee oleh para dropshipper ini sejatinya dapat dilakukan oleh siapa saja yang menginginkan, hanya bermodalakn dengan smartphone dan jaringan internet saja. Untuk memulai penjualan paket data disini para pelaku dropshipping haruslah menjadi mitra shopee terlebih dahulu. Sedangakn ditinjau dari dukum ekonomi syariah, praktik dropship tersebut adalah sah apabila pihak dropshipper yaitu para pelaku dropship paket data internet dari aplikasi shope sudah memenuhi syarat dan rukun dalam jual beli.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 May 2023 15:14
Last Modified: 04 May 2023 15:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16810

Actions (login required)

View Item View Item