PENGARUH ISLAMIC BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK HALAL PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN SALATIGA

Alfiana, Rice (2023) PENGARUH ISLAMIC BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK HALAL PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi_RiceAlfiana.pdf

Download (5MB)

Abstract

Alfiana, Rice. 2022. Pengaruh Islamic Branding terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal pada Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agung Suprapto, S. T. M. Eng. Kata Kunci: Islamic Branding, dan Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh islamic branding terhadap keputusan pembelian kosmetik halal pada mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga, bagaimana persepsi mahasiswa fakultas Dakwah IAIN Salatiga mengenai islamic branding pada kosmetik halal, serta bagaimana keputusan pembelian kosmetik halal pada mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian inferensial statistik parametriks. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 94 responden dengan penggolongan usia mulai 18 hingga 25 tahun yang terdiri dari jurusan KPI, MD, PMI dan PI. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi dan uji hipotesis yang terdiri dari analisis korelasi, uji determinasi (R2), uji t dan uji F menggunakan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel islamic branding (X) terhadap variabel keputusan pembelian kosmetik halal (Y). Hal ini dapat dilihat dari hasil korelasi sebesar 0,639 berpengaruh kuat, hasil uji t di mana menghasilkan t hitung 4,267 dengan signifikansi < 0,05. Serta hasil uji F menunjukkan hasil Fhitung= 61,855 dengan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Adapun persepsi mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga mengenai praktik islamic branding pada kosmetik halal yaitu telah terdapat pemahaman dari mahasiswa dalam menilai fenomena dan identitas dari praktik islamic branding di mana sertifikasi halal produk merupakan salah satunya. Keputusan pembelian kosmetik halal pada mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga secara keseluruhan lebih dipengaruhi oleh bagaimana keamanan dan kualitas produk, kebutuhan produk tiap individu, perasaan puas dalam penggunaan produk, serta harga produk itu sendiri.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 May 2023 21:26
Last Modified: 07 May 2023 14:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16850

Actions (login required)

View Item View Item