TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI KOSMETIK GROSIR (Studi Kasus di Toko Irfagrosir Barnik (Barang Unik) Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang)

Istiqomah, Nurotul (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI KOSMETIK GROSIR (Studi Kasus di Toko Irfagrosir Barnik (Barang Unik) Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NUROTUL ISTIQOMAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Istiqomah, Nurotul. 2022. Tinjauan Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Praktik Jual Beli Kosmetik Grosir (Studi Kasus di Toko Irfagrosir Barnik (Barang Unik) Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang). Skripsi Fakultas Syari’ah Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Erkham Maskuri, M.S.I. Kata Kunci: Jual Beli Grosir, Kosmetik, Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 Pada praktik jual beli di Toko Irfagrosir Barnik ada beberapa pembeli yang merasa dirugikan karena setelah membeli ditemukan beberapa cacat atau rusak pada barang yang telah dibeli. Hal tersebut terjadi karena pada saat proses jual beli, pembeli tidak bisa melihat kondisi barang yang akan dibeli terlebih dahulu, pembeli hanya diperlihatkan sampel dari kosmetik yang akan dibeli. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum Islam dan juga UU No. 8 Tahun 1999 terhadap praktik jual beli kosmetik grosir tersebut, dan apakah dalam pelaksanaannya pembeli sudah mendapatkan perlindungan ha-hak mereka sebagai konsumen, karena mengingat dalam praktik jual beli tersebut terdapat cacat atau rusak pada barang yang dijual serta adanya ketidaksesuaian mengenai peraturan tertulis tentang pengembalian barang dengan praktik yang terjadi di lapangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli kosmetik grosir di Toko Irfagrosir Barnik kabupaten Semarang, bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik jual beli kosmetik grosir di Toko Irfagrosir Barnik Kabupaten Semarang, dan bagaimana pandangan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap praktik jual beli kosmetik grosir di Toko Irfagrosir Barnik Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang hasil penelitiannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau metode kuantifikasi lainnya, tetapi melalui pengumpulan data, analisis, dan kemudian diinterpretasikan Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli kosmetik grosir di Toko Irfagrosir Barnik Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang hukumnya sah karena selain terpenuhinya rukun jual beli, dalam praktiknya penjual juga menerapkan hak khiyar karena jika tidak ada hak khiyar dalam praktik jual beli ini bisa menjadi tidak sah hukumnya. Mengacu pada UU No. 8 Tahun 1999 Pasal 19 bahwa telah terpenuhinya hak-hak konsumen pada pembeli dalam praktik jual beli tersebut dikarenakan pihak penjual bersedia memberikan ganti rugi dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 May 2023 17:47
Last Modified: 08 May 2023 17:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16853

Actions (login required)

View Item View Item