Arinkasari, Devita (2023) PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEBONDOWO 02 KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Devita Arinkasari (23040180042) PGMI S1.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Devita Arinkasari. 2023. Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Kebondowo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun 2022/2023. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci: Peran Guru; Proses Pembelajaran Matematika. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kebondowo 02 Tahun ajaran 2022/2023. Untuk mengetahui faktor apa yang dapat mendukung dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kebondowo 02 Tahun ajaran 2022/2023. Untuk mengetahui faktor yang dapat menghambat dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kebondowo 02 Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan guru kelas V di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kebondowo 02 dan sumber data sekunder yaitu dokumen-dokumen di tempat penelitian. Teknik pegumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta penegcekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa faktor yang dapat mendukung dalam proses pembeljaran pada mata pelajaran matematika adalah tersedianya fasilitas yang ada sebagai penunjang proses pembelajaran dan siswa yang konkrit. Faktor yang dapat menghambat dalam proses pembelajaran matematika adalah siswa malas, siswa tidak mau ikut berfikir, siswa tidak mau mengikuti alur pembelajaran. Peran guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika terlihat bagus dan berjalan dengan baik, untuk kelas V guru berperan sesuai dengan perannya yaitu dari sebagai pemberi materi, mengajar, hingga sebagai fasilitator bagi siswa.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 May 2023 03:33 |
Last Modified: | 09 May 2023 03:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16861 |
Actions (login required)
View Item |