PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DAN MORALITAS PADA SISWA DI SMP N 06 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

Lutfi, Muhammad Nur Wafa (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DAN MORALITAS PADA SISWA DI SMP N 06 SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Muhammad Nur Wafa Lutfi (23010180064) Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penanaman nilai-nilai keagamaan dan moralitas pada siswa di SMP N 06 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan yang akan di capai adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai keagamaan pada siswa di SMP N 06 Salatiga? (2) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai moralitas pada siswa di SMP N 06 Salatiga? (3) Apa faktor penghambat serta pendukung dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dan moralitas siswa di SMP N 06 Salatiga? Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penanaman nilai-nilai keagamaan pada siswa di SMP N 06 Salatiga dilakukan melalui beberapa program diantaranya bagi yang muslim yaitu jumat religi, salat zuhur berjamaah, salat sunnah dhuha, ekstra BTQ (Baca Tulis Quran), ekstra rebana, pengajian selapanan guru-guru muslim, organisasi SKI (Seksi Keagamaan Islam), peringatan hari besar keagamaan Islam, pembiasaan berdoa saat pembelajaran. Sedangkan bagi yang beragama Kristian nilai keagamaan diantaranya, nilai kasih, nilai sikap, Iman, taqwa dan damai sejahtera, yang diterapkan dalam beberapa program kegiatan diantaranya persekutuan doa, belajar paduan suara syair-syair Kristiani, peringatan hari besar keagamaan, mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan berdoa. Kedua, penanaman nilai-nilai moralitas dilakukan melalui beberapa program yaitu budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), Program etika moral, dan training motivasi. Ketiga, faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana seperti tempat ibadah, dukungan dari warga sekolah, lingkungan yang religius dan latarbelakang keluarga yang positif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih adanya sarana yang belum terpenuhi, kurangnya motivasi diri, pengaruh globalisasi, dan pengaruh lingkungan teman yang kurang baik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 May 2023 18:01
Last Modified: 09 May 2023 18:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16868

Actions (login required)

View Item View Item