DIMENSI AKSIOLOGIS MAKNA PERIBAHASA JAWA (Reinterpretasi Filosofis terhadap pemaknaan Peribahasa Jawa dalam masyarakat di Surakata dan Kartasura)

Hum, Dr. Waryunah Irmawati, M. (2023) DIMENSI AKSIOLOGIS MAKNA PERIBAHASA JAWA (Reinterpretasi Filosofis terhadap pemaknaan Peribahasa Jawa dalam masyarakat di Surakata dan Kartasura). UNSPECIFIED.

[img] Text
Penelitian Aksiologis Peribahasa Jawa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahasa merupakan wadah dan refleksi suatu budaya. Salah satu bentuk budaya dalam bahasa adalah peribahasa. Peribahasa ini merupakan budaya yang dikatakan tahan zaman, karena masih berlaku dan sesuai jika diterapkan pada masa sekarang. setiap kebudayaan memiliki nilai-nilai luhur sebagai tuntunan dan pedoman hidup bagi masyarakat Peribahasa Jawa menggambarkan pola pikir dan cara pandang masyarakat Jawa terhadap berbagai kejadian yang dihadapi dalam kehidupan. Peribahasa Jawa menjadi bagian penting terkait dengan pembinaan budi pekerti luhur, karena peribahasa itu mengandung ajaran moral atau budi pekerti yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan oleh manusia. Penelitian ini ingin mengungkap dan memberi interpretasi terhadap peribahasa jawa sehingga rumusasn masalahnya adalah (1) bagaimana makna yang terkandung dalam peribahasa jawa yang berlaku di masyarakat Surakarta dan Kartosuro? (2) bagaimana dimensi Aksiologis yang terkandung dalam peribahasa Jawa yang berlaku di masyarakat Surakarta dan Kartosuro? Metode yang dipakai adalah interpretasi hermeneutik , yaitu metode bagaimana memberikan arti dan makna yang lebih mendalam agar didapatkan arti yang lebih baru. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah peribahasa jawa memilki makna berupa anjuran, nasehat dan juga larangan. Sedangkan dilihat dari dimensi etis memiliki 3 (tiga) prinsip yaitu prinsip sikap baik yang didalamnya mengandung ajaran Prinsip kehati hatian waspada, kejujuran, keadilan, kesederhanaan, kerukunan.. Prinsip yang kedua Prinsip keadilan dan yang ketiga Prinsip hormat terhadap diri sendiri. Dalam dimensi esttetis peribahasa jawa mengandung unsure unsure estetis terutama dari segi kata dan bentuk. Kata Kunci : peribahasa jawa, dimensi etis, dimensi estetis

Item Type: Book
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 May 2023 17:36
Last Modified: 15 May 2023 17:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16917

Actions (login required)

View Item View Item