ANALISIS PENANGANAN KESULITAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI PAJANG 2 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

salsabila, Annisa (2023) ANALISIS PENANGANAN KESULITAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI PAJANG 2 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salsabila, Annisa. 2022. Analisis Penanganan Kesulitan Belajar Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Panjang 2 Ambarawa Kabupaten Semarang. Tahun 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rovi‟in, M.Ag. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pandemi Covid Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam menganalisis kesulitan belajar, metode guru dalam mengatasi kesulitan belajar, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode yang digunakan untuk menangani kesulitan belajar pada 3 siswa kelas VI SD Negeri Panjang 2 Ambarawa Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VI yang mengalami kesulitan belajar.pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data serta kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, guru menganalisis kesulitan belajar siswa kelas VI SDN Panjang 2 Ambarawa dengan cara melihat hasil nilai tugas harian dan nilai ulangan siswa, melihat letak kesalahan yang dibuat oleh siswa, memantau perilaku siswa ketika sedang zoom atau Google meet, menentukan siswa mana yang mengalami kesulitan belajar, memantau secara khusus siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan cara membuatkan grup Whatsapp khusus, melakukan pemantauan khusus Video Call pada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Kedua, metode guru dalam menangani kesulitan belajar yaitu melakukan evaluasi dan monitoring pembelajaran, tidak memberikan tugas terlalu banyak agar siswa tidak mudah jenuh atau bosan, mengajarka siswa untuk membuat mind mapping atau peta belajar sesuai pola dan keinginan siswa agar mudah dipahami, menciptakan suasana pembelajaran yang variatif, memberikan reward dan umpan balik kepada siswa, tidak membandingkan siswa satu dengan siswa lainnya, melakukan pendekatan personal kepada siswa. Ketiga, faktor pendukung penerapan metode yang digunakan guru yaitu subsidi kuota belajar dari pemerintah, pendampingan orang tua, kondisi sekitar dan suasana yang mendukung, sedangkan faktor penghambat yaitu tidak ada kuota subsidi, tidak ada orang tua yang mendampingi selama pembelajaran daring, dan kondisi sekitar serta sarana yang mendukung.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 May 2023 18:03
Last Modified: 19 May 2023 12:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16944

Actions (login required)

View Item View Item