PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD N 3 REPAKING KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

, Fetty Fatimah (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD N 3 REPAKING KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FETY FATIMAH 23040180088 fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fatimah, Fety. 2022. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas III SD N 3 Repaking Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mei Prabowo, M. Kom. Kata kunci: pembelajaran daring, dan minat belajar siswa Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SD N 3 Repaking Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian eksperimen dan bersifat kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu eskperimen dan kuesioner/angket. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa tabel, sumber buku, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SD N 3 Repaking Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan nilai koefisiensi determinasi antara variabel Pembelajaran Daring (X) terhadap variabel Minat Belajar Siswa (Y) sebesar 0,890. Nilai ini berarti pengaruh Pembelajaran Daring (X) terhadap variabel Minat Belajar Siswa (Y) adalah sebesar 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Daring (X) memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap variabel Minat Belajar Siswa (Y) dan 11% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya di luar variabel. Pada nilai signifikansi antara variabel Pembelajaran Daring (X) terhadap variabel Minat Belajar Siswa (Y) sebesar 0,000 lebih kecil < 0,05 maka secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel Pembelajaran Daring (X) terhadap Minat Belajar Siswa (Y) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Karakter Siswa (Y). Sehingga Ha dapat diterima, dan H0 ditolak.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 May 2023 16:36
Last Modified: 22 May 2023 16:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16953

Actions (login required)

View Item View Item