Aini, Tati Qurotul (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUSUKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI_TATI QUROTUL AINI_23070170122.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pebelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD); (2) siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT); (3) perbandingan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) materi lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Susukan Tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Objek penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Susukan pada bulan Maret 2022. Desain penelitian yang digunakan yaitu The Pretest-Posttest Two Treatment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Susukan dan sampelnya adalah siswa kelas VIII B sebanyak 30 siswa dan VIII A sebanyak 30 siswa yang dipilih melalui teknik Clustered Random Sampling. Instrumen pengumpulan data meliputi soal tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Paired Sampel T-test, Uji Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika kelas VIII sebelum dan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran STAD yang ditunjukkan dari nilai sig (2-tailed) pada uji paired sample t-test sebesar 0.000 < 0.05. (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika kelas VIII sebelum dan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran NHT yang ditunjukkan dari nilai sig (2-tailed) pada uji paired sample t-test sebesar 0.000 < 0.05. (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika kelas VIII yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dan NHT yang ditunjukkan dari nilai sig (2-tailed) pada uji independent sample t-test sebesar 0.000 < 0.05. Kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD mengalami kenaikan rata-rata sebesar 31,33 sedangkan kelas yang diajar menggunakan NHT mengalami kenaikan rata-rata sebesar 18,5, maka kelas STAD lebih baik dari kelas NHT.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 May 2023 20:36 |
Last Modified: | 23 May 2023 20:36 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16959 |
Actions (login required)
View Item |