PENGARUH MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP ISLAM SARBINI GRABAG TAHUN AJARAN 2021/2022

rizqi, fitria (2023) PENGARUH MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP ISLAM SARBINI GRABAG TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FITRIA RIZQIII.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Islam Sarbini Grabag Tahun Ajaran 2021/2022; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Islam Sarbini Grabag Tahun Ajaran 2021/2022; dan (3) pengaruh minat baca dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Islam Sarbini Grabag Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Objek penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Sarbini Grabag pada bulan Januari 2022. Populasi pada penelitian ini adalah 74 siswa kelas VIII dan jumlah sampel penelitian sebanyak 62 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling menggunakan tabel Isaac dan Michael. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana untuk menjawab permasalahan pertama dan kedua, serta analisis regresi berganda untuk menjawab permasalahan ketiga . Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil koefisien korelasi variabel minat baca diperoleh nilai yaitu . Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ditolak dan diterima. Artinya, ada pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa pada materi pola bilangan; (2) Berdasarkan hasil koefisien korelasi variabel motivasi belajar diperoleh nilai yaitu . Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ditolak dan diterima. Artinya, ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi pola bilangan; (3) Berdasarkan hasil koefisien korelasi ganda dan hasil uji F diperoleh nilai yaitu . Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ditolak dan diterima. Artinya, ada pengaruh minat baca dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi pola bilangan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 May 2023 20:55
Last Modified: 23 May 2023 13:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16960

Actions (login required)

View Item View Item