Penggunaan Metode dan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas III MI Al-Islam Kauman Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2021/2022

mardhotillah, Hanifah (2023) Penggunaan Metode dan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas III MI Al-Islam Kauman Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
HANIFAH MARDHOTILLAH 23040180061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mardhotillah, Hanifah. 2022. Penggunaan Metode dan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas III MI Al-Islam Kauman Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah, M.Pd.I Kata Kunci: Penggunaan metode dan variasi pembelajaran tematik Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode pembelajaran, bagaimana penggunaan variasi pembelajaran, faktor penghambat dan pendukung penggunaan metode dan variasi pembelajaran tematik kelas III MI Al-Islam Kauman Sukorejo Kabupaten Kendal tahun ajaran 2021/2022. Adapun hasil penelitian : 1) Penggunaan metode pembelajaran tematik kelas III MI Al-Islam kauman Sukorejo dalam penerapannya sudah menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan tahapannya, yaitu tahap perencanaan yang meliputi penyusunan RPP, menyiapkan bahan ajar, merumuskan tujuan pembelajaran, dan memilih metode pembelajaran dan tahap pelaksanaan yaitu, memberi motivasi, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP, meminta umpan balik peserta didik, dan melaksanakan evaluasi. 2) Penggunaan variasi pembelajaran tematik kelas III MI Al-Iislam Kauman Sukorejo oleh guru meliputi variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan alat pembelajaran, serta variasi pola interaksi. Dalam gaya mengajar guru memperhatikan ekspresi wajah, gerak kepala, dan gerak badan untuk menyampaikan hal yang dimaksudkan untuk peserta didik. Adapun Penggunaan variasi media pembelajaran yaitu guru menggunakan media yang dapat dilihat seperti gambar dan bigbook, media yang dapat didengar seperti musik dan video, serta media yang dapat diraba seperti alat peraga sains. Dan dalam variasi pola interaksi guru lebih sering menggunakan pola interaksi dua arah dan multi arah. 3) Faktor penghambat dan pendukung penggunaan metode dan variasi pembelajaran tematik kelas III MI Al-Islam Kauman Sukorejo ada faktor penghambat yang dinyatakan oleh guru yaitu karakteristik peserta didik dan faktor internal (keluarga) peserta didik. Ada juga faktor pendukung yaitu, kemampuan guru, antusias peserta didik, serta sarana dan fasilitas dalam penggunaan metode dan variasi pembelajaran tematik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 May 2023 20:21
Last Modified: 29 May 2023 14:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16962

Actions (login required)

View Item View Item