Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dan Gaya Kognitif Field Independent (FI) & Field Dependent (FD) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Susapti, Peni (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dan Gaya Kognitif Field Independent (FI) & Field Dependent (FD) Terhadap Hasil Belajar Siswa.

[img] Text
Artikel JONEDU.pdf

Download (686kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiryterhadap hasil belajar matematika siswa, pengaruh gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar matematika siswa, dan pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII (Delapan) SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023.Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian eksperimen semu dengan menerapkan desain faktorial 2 × 2. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 6 Kabupaten SalatigaKelas VIII Semeseter genaptahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua macam instrumen yakni intrumen Group Embedded Figures Test (GEFT) untuk mengukur gaya kognitif siswa dan instrumentes hasil belajar matematika siswa dalam bentuk essay. Uji statistic yang digunakan adalah dengan menggunakan anova dua jalur untuk melihat pengaruh model pembelajaran dan pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika serta interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Uji lanjut menggunakan uji t untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan gaya kognitif siswa. Hasil analisis data dan uji statistik menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, gaya kognitif siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru, khususnya guru matematika agar penerapan model pembelajaran inquiry dikembangkan sebagai satu inovasi dalam proses belajar mengajar.Kata Kunci : Inquiry, Gaya Kognitif, & Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 May 2023 17:57
Last Modified: 25 May 2023 11:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16964

Actions (login required)

View Item View Item