BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TERAPI WUDHU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN WALI CANDIREJO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG

muhamad, faza izudin (2023) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TERAPI WUDHU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN WALI CANDIREJO KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FAZA IZUDIN MUHAMAD(23080180064) FAKULTAS BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kondisi motivasi belajar sebelum intervensi (2) pelaksanaan terapi wudhu dalam meningkatkan motivasi belajar (3) menganalisis efektivitas bimbingan kelompok dengan terapi wudhu dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Wali Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan Pretest-Posttest One Group Design. Subjek yang diteliti yakni santri mukim Pondok Pesantren Wali, dengan populasi 25 santri. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yakni santri yang memiliki tingkat motivasi belajar yang rendah. Sampel yang diteliti yakni 7 santri. Pengambilan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat motivasi belajar santri Pondok Pesantren Wali sebelum diberikan treatment berada pada kategori rendah, karena dari 7 sempel yang peneliti pilih hasilnya mencapai kategori rendah 71% (5 santri), pada kategori sedang mencapai 29% (2 santri) dan pada kategori tinggi 0% (0 santri); (2) pelaksanaan layanan sebanyak lima kali pertemuan dengan topik pertama “Cita-citaku” bertujuan agar santri dapat mengetahui cita-cita dan arah tujuan belajar, topik kedua “Manfaat, hikmah, dan tata cara pelaksanaan terapi wudhu” bertujuan agar santri dapat melakukan terapi wudhu dengan mengetahui manfaat dan hikmah berwudhu, topik ketiga “Kemajuan dan hambatan terapi wudhu” bertujuan agar santri dapat mengatasi kendala saat melakukan terapi dan yang sudah merasakan kemajuan bisa mendiskripsikanya, topik keempat “Terapi wudhu dalam mengatasi masalah belajar“ agar santri dapat melakukan terapi wudhu sesuai tujuan; (3) terdapat peningkatan skor mean antara pretest-posttest, dari hasil skor mean pretest 38,42 dan posttest 65,14 yang mana berarti terjadi peningkatan motivasi belajar dan perhitungan uji paired t-test yang diperoleh yaitu nilai t adalah -10.667 dan nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak atau Ha diterima. Sehingga, pemberian layanan bimbingan kelompok dengan terapi wudhu efektif untuk meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Wali.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 May 2023 18:15
Last Modified: 25 May 2023 18:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16965

Actions (login required)

View Item View Item