Analisis kemampuan menyelesaikan soal matematika tipe higher order thinking skill (HOTS) materi koordinat kartesius pada peserta didik kelas VIII MTs Roudlotul Furqon tahun ajaran 2022/2023

azkiyati, Laila putri (2023) Analisis kemampuan menyelesaikan soal matematika tipe higher order thinking skill (HOTS) materi koordinat kartesius pada peserta didik kelas VIII MTs Roudlotul Furqon tahun ajaran 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Revisi Putri-3.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) materi koordinat kartesius pada peserta didik kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Banyubiru Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 3 peserta didik kelas VIII A MTs Roudlotul Furqon Banyubiru yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu peserta didik berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni metode tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) subjek yang saya teliti dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS telah mampu menguasai tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah dan memeriksa kembali hasil penyelesaian serta hanya melakukan satu kesalahan Newman yaitu kesalahan dalam prosedur matematika (process skill). 2) subjek yang saya teliti dengan kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal HOTS telah mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah dan melaksanakan penyelesaian masalah serta melakukan dua kesalahan Newman yakni kesalahan prosedur matematika (process skill) dan penulisan jawaban akhir (encoding), namun terdapat indikator yang belum dikuasai yakni melakukan pemeriksaan terhadap hasil jawaban dengan benar berdasarkan pertanyaan yang diberikan. 3) subjek yang saya teliti dengan kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal HOTS mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah, namun belum dapat melaksanakan penyelesaian masalah dan memeriksa kembali hasil penyelesaian serta melakukan kesalahan Newman terutama dalam memahami suatu permasalahan (comprehension), mentransformasikan soal pada masalah matematika yang sesuai (transformation), prosedur matematika (process skill) dan penulisan jawaban akhir (encoding).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 May 2023 20:43
Last Modified: 26 May 2023 13:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16973

Actions (login required)

View Item View Item