TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 52 TAHUN 2009 TERHADAP KETAHANAN KELUARGA BEDA AGAMA (Studi Kasus di Desa Kalimanggis Kecamatan Kaloran Temanggung)

Khanifan, Sulthon (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 52 TAHUN 2009 TERHADAP KETAHANAN KELUARGA BEDA AGAMA (Studi Kasus di Desa Kalimanggis Kecamatan Kaloran Temanggung). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi revisi(4).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Ketahanan Keluarga, Keluarga Beda Agama, Hukum Islam, Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui ketahanan keluarga beda agama di Desa Kalimanggis Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung dan mengetahui tinjauan hukum Islam dan Undang-undang No. 52 Tahun 2009 terhadap ketahanan keluarga beda agama di Desa Kalimanggis. Jenis Penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan atau kualitatif dengan yuridis empiris. Sujek dan lokasi dalam penelitian ini berjumlah 4 keluarga beda agama di Desa Kalimanggis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini bahwa Ketahanan keluarga beda agama yang terjadi di Desa Kalimanggis secara umum belum dapat tercapai karena walaupun dalam keluarga memiliki toleransi yang yang baik namun dalam diri individu tentunya akan muncul kecemasan karena setiap bertambahnya usia seseorang pasti akan lebih mendekatkan diri kepada yang telah menciptakan kehidupan. Sedangkan hukum Islam, ketahanan keluarga beda agama di desa Kalimanggis juga belum bisa tercapai karena sudah dijelaskan dalam Al Qur’an surah at-tahrim ayat 6 bahwa tugas dari keluarga adalah saling menjaga dari api neraka. Terdapat salah satu pasangan yang menentukan agama sejak kecil yang nantinya akan berakibat terganggunya psikis anak.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 May 2023 21:36
Last Modified: 29 May 2023 21:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16988

Actions (login required)

View Item View Item