Wakhidah, Anis Miftakhul (2023) KOMUNIKASI PEMASARAN PADA MEDIA E-COMMERCE PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI DESA BEDONO KECAMATAN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
ANIS MIFTAKHUL WAKHIDAH-1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Wakhidah, Anis Miftakhul. 2022. Komunikasi Pemasaran Pada Media E-Commerce Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Tahun 2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Avin Wimar Budyastomo, M. Kom. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, E-Commerce, UMKM Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui gambaran penjualan produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang pada media e-commerce. 2). Untuk mengetahui komunikasi pemasaran pada media e-commerce produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan 10 informan yang merupakan pelaku UMKM di desa Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya perkembangan teknologi yang meluas dapat memberikan dampak bagi pelaku UMKM di Desa Bedono. Pelaku UMKM di Desa Bedono dapat dengan cepat memasarkan produknya melalui teknologi yang berbasis e-commerce. E-commerce merupakan media yang digunakan para pelaku UMKM di Desa Bedono unutk menjualkan, mempromosikan, dan media untuk transaksi jual beli. Strategi pemasaran yang yang digunakan pelaku UMKM di Desa Bedono dengan menggunakan e-commerce yaitu, mengenali pelanggan, melakukan promosi secara konsisten, menggutamakan pelanggan, dan memanfaatkan media sosial untuk berpromosi. Pemasaran dengan e-commerce dapat membantu para pelaku UMKM di Desa Bedono untuk meningkatkan pendapatan dan memperluas jaringan pemasaran. Selain itu komunkasi pemasaran pada media e-commerce UMKM Di Desa Bedono mempunyai peran penting bagi perusahaan untuk mengembangkan kesadaran konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh UMKM di Desa Bedono. Dalam memaksimalkan efektivitas komunikasi pemasaran pelaku UMKM menerapkan strategi komunikasi pemasaran seperti dengan cara mengenali sasaraan komunikasi dan pemilihan media komunikasi. Adapun kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku UMKM di Desa Bedono seperti mengatur promosi dengan cara memberikan diskon, geratis ongkir hingga cashback. Kemudian iklan produk dan penjualan secara langsung.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 May 2023 20:05 |
Last Modified: | 30 May 2023 13:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17002 |
Actions (login required)
View Item |