Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Bunga Krisan dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus pada Kelompok Tani Maju Makmur Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang)

Setiaji, Agus (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Bunga Krisan dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus pada Kelompok Tani Maju Makmur Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA BUNGA KRISAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desa Kenteng sebagai salah satu desa yang ada di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang masih banyak ditemukan masyarakat petani miskin, terbukti masih banyakanya yang mendapatkan bantuan pendamping keluarga harapan serta para petani yang memiliki lahan belum dikelola dengan baik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui pemberdayaan masyarakat melalui budidaya bunga krisan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pada kelompok tani Maju Makmur Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. (2) Mengetahui dampak pemberdayaan masyarakat melalui budidaya bunga krisan pada kelompok tani Maju Makmur Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pendekatan kualitatif. Data-data otentik didapatkan langsung secara purposive sample terhadap responden melaui metode pengumpulan data di lapangan berupa; observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian di analisis mengguankan sudut pandangan pemberdayaan masyarakat, budidaya bunga krisan, dan perekonomian. Hasil dari penelitian ini menjelaskan 1) Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya bunga krisan dilakukan dengan metode sekolah lapangan. Adapun terdapat tiga tahap yaitu: (a) pertemuan masyarakat tani, (b) pembentukan kelompok Maju Makmur, dan (c) identifikasi budidaya Krisan. 2) Dengan metode sekolah lapangan tersebut sehingga didapatkan dampak terhadap perekonomian mulai dari meningkatnya penghasilan masyarakat, sehingga budidaya ini bisa menjadi salah satu upaya dalam mengatasi masalah perekonomian masyarakat. Perubahan sosial juga dapat dirasakan dari dampak kegiatan tersebut dimana adanya pemadatan SDM dan kajian-kajian diskusi yang dilakukan mampu menumbuhkan atas rasa peduli dan toleransi terhadap sesama masyarakat. Selain itu masyarakat menjadi selektif dalam penggunaan bahan kimia dan lebih memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 May 2023 17:56
Last Modified: 31 May 2023 13:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17012

Actions (login required)

View Item View Item