EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE GOOGLE SITE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN PADA SISWA KELAS VIII MTs NAHDLATUL ULAMA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WIDIANA, WIWIK (2023) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE GOOGLE SITE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN PADA SISWA KELAS VIII MTs NAHDLATUL ULAMA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Wiwik Widiana 23060180053 4 revisi munaqosah.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model flipped classroom berbantuan media pembelajaran online google site terhadap hasil belajar materi struktur dan fungsi tumbuhan pada siswa kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat quasi experiment serta menggunakan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama Salatiga. Penelitian ini menggunakan Purposive sampling, dimana kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen tes pada penelitian ini berupa soal tes yang sudah diperiksa keabsahannya melalui uji reliabilitas, validitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Nilai pretest dan posttest dianalisis uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test (Independent Sample T-Test) menggunakan program SPSS 22.0. Instrumen nontes berupa angket yang berguna untuk melihat respon peserta didik setelah penerapan model flipped classroom berbantuan media pembelajaran online google site. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 36,19 dan 36,43. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 62,57 dan 77,19. Berdasarkan hasil uji-t (Independent Sample T-Test) diperoleh nilai thitung 3,478 > ttabel 2,000 dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian model flipped classroom berbantuan media pembelajaran online google site efektif terhadap hasil belajar materi struktur dan fungsi tumbuhan pada siswa kelas VIII MTs Nahdlatul Ulama Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan kepada para pendidik karena penggunaan model dan media pembelajaran yang efektif dapat memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2023 16:00
Last Modified: 04 Jun 2023 16:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17022

Actions (login required)

View Item View Item