PENGARUH PELATIHAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANGEMENT (CRM) TERHADAP PELAYAN PRIMA PEGAWAI DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA PELABUHANRATU

samudra, Pandu (2023) PENGARUH PELATIHAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANGEMENT (CRM) TERHADAP PELAYAN PRIMA PEGAWAI DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA PELABUHANRATU. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI_PANDU SAMUDRA_43040180070.pdf

Download (6MB)

Abstract

Samudra, Pandu. 2022. Pengaruh Pelatihan Customer Relationship Management Terhadap Pelayanan Prima Pegawai di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Qurrotu Ayun, M.Psi. Kata Kunci : Pelatihan Customer Relationship Management dan Pelayanan Prima Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui variasi keberhasilan pelatihan Customer Relationship Management di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu, (2) Untuk mengetahui variasi pelayanan prima pegawai di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu, (3) Untuk mengetahui pengaruh pelatihan Customer Relationship Management terhadap pelayanan prima pegawai di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu. Jenis penelitian yang digunakan dalan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu berjumlah 70 orang pegawai, pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pegawai yang sudah mengikuti pelatihan CRM berjumlah 50 orang pegawai. Pengumpulan data yang digunakan adalah skala pelatihan CRM dan pelayanan prima. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi linear sederhana, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa (1) variasi keberhasilan pelatihan Customer Relationship Management di PPN Palabuhanratu berada pada kategori cukup dengan persentase sebesar 64%. (2) Variasi pelayanan prima pegawai PPN Palabuhanratu berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 60%. (3) Pelatihan Customer Relationship Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap pelayanan prima dengan nilai sig 0,001 dibawah ≤0,05, dan nilai koefien regresi (B = 0,636) angka ini positif yaitu setiap peningkatan pelatihan CRM sebesar 0,636 maka akan meningkatkan skor pelayanan prima pegawai PPN Palabuhanratu sebesar 0.636%. serta nilai determinasi R Square yaitu sebesar 0,281 terdapat kontribusi pengaruh pelatihan CRM terhadap pelayanan prima sebesar 28,1% sedangkan sisanya 71,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilakukan penelitian.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jun 2023 20:19
Last Modified: 05 Jun 2023 20:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17023

Actions (login required)

View Item View Item