virani, jessica ayu (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGHUNAKAN GAME EDUKASI IPA KUARTET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI HAKIKAT SAINS DAN METODE ILMIAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATU KLEGO. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
10meiJESSICA AYU VIRANI 23060180006-3_compressed.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Virani, Jessica Ayu. 2022. Penerapan Model Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Menggunakan Game Edukasi IPA Kuartet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Hakikat Sains dan Metode Ilmiah Kelas VII SMP Negeri 1 Klego. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA; STAD; Kartu Kuartet; Hakikat Sains dan Metode Ilmiah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) game edukasi IPA kuartet sebagai media pembelajaran siswa kelas VII pada materi hakikat sains dan metode ilmiah di SMP Negeri 1 Klego. Jenis penelitian ini adalah (PTK) Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan sebagai memperbaiki dan meningkatkan hasil dari belajar peserta didik di kelas. Langkah-langkah dalam pembelajaran (PTK) Penelitian Tindakan Kelas sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dari penelitan yang dilakukan adalah peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 1 Klego yang berjumlah 28 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, tes tertulis, dokumentasi, dan angket. Apabila presentase nilai ≥ 85% siswa tuntas maka siklus dihentikan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media pembelajaran kartu kuartet dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 1 Klego. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dalam antar siklus dengan perolehan hasil belajar silkus I yaitu siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dengan perolehan presentase sebesar (35,71%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 18 siswa dengan perolehan presentase sebesar (64,28%) dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 65,71. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dengan perolehan presentase sebesar (92,85%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dengan perolehan presentase sebesar (7,14%) dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 83,21. Penelitian berhenti pada siklus II dikarenakan pada siklus II sudah memenuhi kriteria dan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan ≥ 85% dari jumlah siswa dalam satu kelas.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 16:32 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 09:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17031 |
Actions (login required)
View Item |