, Elma Nurhaliza (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) dengan Liveworksheets berbasis Discovery Learning konsep sistem organisasi Kehidupan terhadap hasil belajar peserta didik Kelas VII MTs N 9 Boyolali. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI ELMA NURHALIZA FINAL_compressed.pdf Download (6MB) |
Abstract
Nurhaliza, Elma. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik dengan Liveworksheets berbasis Discovery Learning Konsep Sistem Organisasi Kehidupan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs N 9 Boyolali. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, M.Pd. Kata Kunci: Liveworksheets; Discovery Learning; Hasil Belajar; e-LKPD Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) dengan Liveworksheets Berbasis Discovery Learning konsep sistem organisasi kehidupan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs N 9 Boyolali. 2) Tingkat kelayakan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) dengan Liveworksheets Berbasis Discovery Learning konsep sistem organisasi kehidupan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs N 9 Boyolali. 3) efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) dengan Liveworksheets Berbasis Discovery Learning konsep sistem organisasi kehidupan terhadap hasil belajar Peserta didik Kelas VII Mts N 9 Boyolali. 4) Tingkat kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) dengan Liveworksheets Berbasis Discovery Learning konsep sistem organisasi kehidupan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs N 9 Boyolali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan desain penelitian Plomp. Penelitian ini memiliki tiga tahapan yaitu 1) Penelitian Awal (Preliminary Research). 2) Tahap Prototipe/Pengembangan (Protyping/Development Phase). 3) Tahap Penilaian (Assesment Phase). Instrumen penelitian yang digunakan ada dua jenis yairu tes dan non-tes. Instrumen nontes berupa angket untuk mengetahui kebutuhan peserta didik dan guru, kelayakan, kepraktisan, dan keterlaksanaan pembelajaran. Kemudian, untuk instrumen nontes adalah soal pretest dan posttest dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan peneliti menghasilkan produk e-LKPD berbasis Discovery Learning dan buku panduan guru yang dikemas secara lebih menarik dengan paduan materi dan permainan yang membuat kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan dan membuat peserta didik dapat menemukan konsep pemahaman secara mandiri. Hasil uji kelayakan produk memperoleh persentase 89,58% pada aspek materi dan bahasa dengan kategori sangat layak, kemudian pada aspek desain dan media memperoleh persentase 95,00% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh persentase 96,15% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh persentase 81% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektifitas dilakukan dengan uji T-Test yang memperoleh nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 dan hasil perbandingan nilai t hitung > t tabel yaitu 14,130 > 2,045 maka, dapat disimpulkan e-LKPD berbasis Discovery Learning efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep sistem organisasi kehidupan. Produk e-LKPD diharapkan dapat menjadi salah satu sumber belajar bagi peserta didik yang menarik dan tidak membosankan.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 17:55 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 11:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17033 |
Actions (login required)
View Item |