IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI MAN 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 {PENULIS : NUR HASANAH DAN SITI ASDIQOH)

M.Pd., Dra. Nur Hasanah, (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI MAN 2 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 {PENULIS : NUR HASANAH DAN SITI ASDIQOH).

[img] Text
NUR HASANAH DAN SITI ASDIQOH-LAP PENELITIAN 2020.pdf

Download (584kB)

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan suatu sistem layanan pendidikan khusus yang mensyaratkan agar semua anak berkebutuhan khusus dilayani di madrasah/sekolah terdekat di kelas biasa bersama dengan teman-teman seusianya. Oleh karena itu kehadiran pendidikan inklusi mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi setiap anak dengan segala keragaman maupun karakteristiknya, terutama anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di MAN 2 Klaten. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara , dan dokumentasi. Dan analisis datanya mengguakan arus Alir. Temuan penelitian ini adalah Implementasi Pendidikan inklusi dilakukan dengan tiga tahap yaitu Perencanaan pendidikan inklusi bagi ABK di MAN 2 Klaten dilakukan secara sistematis dan teratur mulai dari : persiapan KBM, Penyususnan rencana kerja guru, koordinasi dengan seseama guru dan wali kelas samai dengan penjadwalan memeratkan situasi pendidik dan pesera didik., kemudian pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan cara symbol yang berupa buku brailed an huruf brailed serta evaluasi pembelajarannya dilakukan scara tulisan dan lisan. Evaluasi secara lisan dengan diberikan soal kepada siswa inklusi yang dibacakan sampai paham, sedangkan evaluasi secara tulisan dengan menggunakan soal pertanyaan yang ditulis dengan huruf braile. Kata Kunci: Implementasi, Pendidkan Inklusi, ABK

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2023 21:17
Last Modified: 07 Jun 2023 14:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17034

Actions (login required)

View Item View Item