PENCEGAHAN TINDAKAN PERUNDUNGAN DI PONDOK PESANTREN AL HUDA DOGLO BOYOLALI DAN MAHIRUL HIKAM ASSALAFI KENTENG SUSUKAN JAWA TENGAH (PENELITI : NUR HASANAH DAN SITI ASDIQOH)

M.Pd., Dra. Nur Hasanah, (2023) PENCEGAHAN TINDAKAN PERUNDUNGAN DI PONDOK PESANTREN AL HUDA DOGLO BOYOLALI DAN MAHIRUL HIKAM ASSALAFI KENTENG SUSUKAN JAWA TENGAH (PENELITI : NUR HASANAH DAN SITI ASDIQOH).

[img] Text
NUR HASANAH DAN SITI ASDIQOH-LAP PENELITIAN 2022.pdf

Download (539kB)

Abstract

Perundungan (bullying) merupakan tindakan menyakiti seseorang secara sengaja oleh seseorang atau kelompok yang menganggap bahwa dirinya lebih kuasa dan dapat berdampak negatif baik bagi para pelaku maupun penyintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pencegahan Pencegahan Tindakan Perundungan di Pondok Pesantren Mahirul Hikam Assalafi Kenteng Susukan Jawa Tengah dan Pondok Pesantren Al Huda Doglo Boyolali Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesantren Mahirul Hikam Asalafi Kenteng Susukan dan Pondok Pesantren Al Huda Doglo Boyolali berusaha untuk memberikan solusi terbaik ketika terjadi konflik atau tindak bullying, yaitu dengan cara: Memberikan peringatan kepada santri, baik pelaku ataupun korban, Memberika takzir atau hukuman kepada santri yang melanggar aturan atau pelaku bullying, Jika masih belum berubah maka dipanggil orang tuanya dan jika sudah kelewatan maka bisa dikeluarkan dari pesantren. Tindakan Pondok Pesantren Mahirul Hikam Asalafi Kenteng Susukan dan Pondok Pesantren Al Huda Doglo Boyolali dalam mencegah bullying antara lain: Menciptakan suasana yang nyaman di pondok pesantren, Pemisahan kamar sesuai tingkatan umur atau tingkat pendidikan, Pendampingan santri di setiap kamar, Pengenalan keluarga besar baik pihak ndalem maupun dengan para pengurus, Diadakannya kegiatan-kegiatan yang mendukung kegiatan santri seperti ekstra kulikuler. Kata Kunci: Bullying, Pencegahan dan Santri

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2023 11:00
Last Modified: 08 Jun 2023 11:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17036

Actions (login required)

View Item View Item