PENGARUH SERVICESCAPE, KUALITAS LAYANAN, NILAI NASABAH, DAN INNOVATION PRODUCT TERHADAP KEPUASAN NASABAH DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA LEMBAGA PEGADAIAN SYARIAH SEMARANG

Afifah, Dzakiyya (2023) PENGARUH SERVICESCAPE, KUALITAS LAYANAN, NILAI NASABAH, DAN INNOVATION PRODUCT TERHADAP KEPUASAN NASABAH DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA LEMBAGA PEGADAIAN SYARIAH SEMARANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI DZAKIYYA AFIFAH (63020180025).pdf

Download (3MB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh servicescape, kualitas layanan, nilai nasabah, dan innovation product terhadap kepuasan nasabah dengan word of mouth sebagai variabel moderating pada Lembaga Pegadaian Syariah Semarang. Penelitian ini dilakukan pada lembaga Cabang Pegadaian Syariah Majapahit Semarang. Bentuk penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu dengan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada nasabah di lembaga tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 nasabah dengan dihitung berdasarkan pada rumus Slovin. Data dalam penelitian ini, diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Versi 25 dan Eviews 9. Melalui analisis data yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa servicescape berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, kualitas layanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, nilai nasabah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, innovation product berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, word of mouth mampu memoderasi pengaruh servicescape terhadap kepuasan nasabah, word of mouth tidak mampu memoderasi pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah, word of mouth tidak mampu memoderasi pengaruh nilai nasabah terhadap kepuasan nasabah, dan word of mouth tidak mampu memoderasi pengaruh innovation product terhadap kepuasan nasabah. Kata Kunci: Servicescape, Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, dan Innovation Product.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2023 21:30
Last Modified: 08 Jun 2023 21:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17039

Actions (login required)

View Item View Item