NI'AM, MUHAMMAD MIFTAHU (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN MASA BANI ABBASIYAH MENGGUNAKAN METODE TIMELINE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI IPS MA MASLAKUL ULUM TRANGKIL PATI TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
M. MIFTAHU NI'AM 23010180223..pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan yang hendak dicapai untuk mengetahui apakah penggunaan metode Timeline dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam materi Perkembangan Ilmu Pengetahuan Masa Bani Abbasiyah siswa Kelas XI IPS MA Maslakul Ulum Trangkil Pati tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya berupa soal tes, lembar observasi siswa, lembar observasi aktivitas guru dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Proses analisis data dilakukan melalui perhitungan hasil belajar akhir dari setiap siklus dan kemudian dibandingkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode Timeline dan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas XI IPS MA Maslakul Ulum Trangkil Pati. Hal ini dibuktikan hasil prasiklus diperoleh data dari 19 siswa yang mencapai KBM sebanyak 8 siswa atau 42,1%. Pada siklus I mencapai KBM sebanyak 9 siswa atau 52,9%. Pada siklus II mencapai KBM sebanyak 15 siswa atau 88,2%. Dengan demikian, hasil belajar siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 35,3%.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 20:00 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 20:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17045 |
Actions (login required)
View Item |