Pemilihan Media Pembelajaran PAI Berbasis Youtube dalam Meneguhkan Siswa Berkarakter di Tengah Gelombang Radikalisme (Penulis: 1Guntur Cahyono; 2Siti Asdiqoh)

M.Si., Dra. Siti Asdiqoh, (2023) Pemilihan Media Pembelajaran PAI Berbasis Youtube dalam Meneguhkan Siswa Berkarakter di Tengah Gelombang Radikalisme (Penulis: 1Guntur Cahyono; 2Siti Asdiqoh).

[img] Text
PROSIDING 2019.pdf

Download (346kB)
[img] Text
TURNITIN PROSIDING 2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Revolusi Industri 4.0 memberikan dampak signifikan dalam proses belajar mengajar, pembelajaran dengan proses tradisional bergeser pada proses belajar mengajar dalam jaringan. Begitu juga pemanfatan media pembelajaran lebih beragam dengan memanfaatkan media yang berasal dari sumber media internet. Perkembangan media internet salah satunya ditandai dengan berkembangnya video berbagi YouTube yang memiliki jangkauan luas dan beragam. Banyak sekali konten YouTube yang membahas materi pembelajaran PAI. Dengan demikian pembelajaran PAI tidak hanya memanfaatkan media secara tradisional tetapi dengan berkembangnya YouTube, media ini bisa dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Namun yang perlu dilakukan bagaimana guru PAI mampu memilih konten YouTube yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berkenaan dengan proses pendidikan karakter bagi siswa ditengah munculnya persoalan isu radikalisme. Konten YouTube yang dipakai dalam media pembelajaran hendaknya mampu bermanfaat dalam tiga aspek yakni aspek pengetahuan keagamaan dimana siswa memahami isi pokok materi pembelajaran PAI, terbentuknya karakter siswa dalam proses pembentukan morak dan etika, dansebagai proses deradikalisasi dengan maraknya isu radikalisme yang berkembang di Indonesia saat ini. Kata Kunci. Media Pembelajaran; PAI; YouTube; Karakter; Radikalisme.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2023 08:52
Last Modified: 10 Jun 2023 08:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17049

Actions (login required)

View Item View Item