PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, RELIGIUSITAS DAN BANDWAGON EFFECT TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM SYARIAH DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN di Provinsi Jawa Tengah dan DIY)

Sidiq, Awaludin (2023) PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, RELIGIUSITAS DAN BANDWAGON EFFECT TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM SYARIAH DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN di Provinsi Jawa Tengah dan DIY). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Awaludin Sidiq Finish.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sidiq, Awaludin. 2023. Pengaruh Pengetahuan Investasi, Religiusitas dan Bandwagon Effect terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah, dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Mahasiswa UIN Jawa Tengah dan DIY). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) S1. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Anton Bawono, M.Si Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Investasi, Religiusitas dan Bandwagon effect terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah, dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Mahasiswa UIN di Jawa Tengah dan DIY). Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa UIN di Jawa Tengah dan DIY dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Data yang didapat kemudian diolah menggunakan bantuan IBM SPSS 23. Analisis penelitian yang dilakukan meliputi uji statistic deskriptif, uji valididtas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji signifikan simultan, uji parameter individual dan uji MRA. Hasil penelitian ini adalah pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi, religiusitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan investasi, literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi, literasi keuangan tidak mampu memoderasi bandwagon effect terhadap keputusan investasi. Kata Kunci : Pengetahuan investasi, religiusitas, bandwagon effect, keputusan investasi, literasi keuangan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2023 20:23
Last Modified: 12 Jun 2023 20:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17066

Actions (login required)

View Item View Item