Handayani, Nita (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL LEARNING START WITH A QUESTIONS DENGAN BANTUAN STRATEGI INFORMATION SEARCH MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PRINGAPUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
NITA HANDAYANI 23060180033-1.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Handayani, Nita. 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Learning Start with a Questions dengan Bantuan Strategi Information Search Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII B SMP Negeri 1 Pringapus Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Learning Satrt with a Questions, Information Search Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA model pembelajaran Learning Start with a Questions dengan Bantuan Strategi Information search materi sistem pencernaan manusia kelas VIII B di SMP Negeri 1 Pringapus tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Pringapus yang berjumlah 32 peserta didik. Instrumen yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Lembar observasi peserta didik dan guru yang diisi oleh guru mata pelajaran IPA dan peneliti. Angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Start with a Question dengan bantuan strategi Information Search. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Start with a Questions dengan bantuan strategi Information search dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas VIII B materi sistem pencernaan manusia. Hal tersebut dapat diketahui melalui peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu pada tindakan siklus 1, rata-rata hasil belajar kelas didapatkan sebesar 61,09, peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebanyak 9 peserta didik dengan persentase 28,12%, sedangkan pada siklus II peserta didik yang mendapatkan kategori tuntas sebanyak 28 peserta didik dengan persentase 87,5% dengan rata-rata nilai sebesar 82,65. Sehingga pada penelitian ini hasil belajar meningkat dengan peningkatan persentase ketuntasan sebesar 59,38%. Penelitian ini berhenti di siklus II karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu ≥ 85% dari total jumlah peserta didik dalam satu kelas mendapat nilai ≥ 70.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 18:15 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 18:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17073 |
Actions (login required)
View Item |