PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IBADAH PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAKWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ALAT PERAGA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS VIII C SMP N 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Anatasya, Diah (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IBADAH PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAKWA MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ALAT PERAGA MANIPULATIF PADA SISWA KELAS VIII C SMP N 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
DIAH ANATASYA 23010190025 .pdf

Download (5MB)

Abstract

Masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah apakah penerapan metode Problem Based Learning menggunakan Alat Peraga Manipulatif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa dapat meningkatkan hasil belajar pada sisa kelas VIII C di SMP N 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Oleh karena itu tujuan penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui penerapan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Problem Based Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII C di SMP N 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Classroom Action Recearch/ Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik dalam penerapan metode Problem Based Learning menggunakan Alat Peraga Manipulatif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa. Metode observasi digunakan untuk mengetahui dan menilai aktivitas guru dan peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian ini memiliki data dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian dimulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus terdapat 12 siswa yang tuntas dari seluruh jumlah siswa 37 dengan rata-rata 56,10%. Sedangkan pada siklus I terdapat 25 siswa yang tuntas dari seluruh jumlah siswa 37 dengan rata-rata 80,91%. Dan siklus II terdapat 37 siswa yang tuntas dari seluruh jumlah siswa 41 dengan rata-rata 82,56%. Maka dari itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII C di SMP N 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2023 14:22
Last Modified: 15 Jun 2023 10:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17094

Actions (login required)

View Item View Item