PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV MI NEGERI DOPLANG KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015

Hariyani, Duwi (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IV MI NEGERI DOPLANG KECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Duwi Hariyani_11511031.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Pembelajaran seharusnya dilakukan dengan cara yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Tetapi, banyak kita jumpai sekolah-sekolah yang masih menggunakan metode atau pendekatan yang monoton dan tidak bervariasi sehingga siswa tidak semangat dan bosan. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar dan pencapaian target KKM pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Negeri Doplang Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang tahun 2015. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa IV yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 12 laki- laki dan 7 perempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitia ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan metode Snowball Throwing. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar dan nilai rata-rata yang dicapai siswa. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM individu pada pra siklus sebelum menggunakan metode Snowball Throwing sebanyak 6 siswa atau 31,6%. Setelah menggunakan metode Snowball Throwing yaitu pada siklus I sebanyak 11 siswa atau 57,9%, pada siklus II 14 siswa atau 73,7%, dan pada siklus III sebanyak 18 siswa atau 94,7%. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai KKM nasional atau ideal pada pra siklus 1 siswa atau 5,3%, pada siklus I sebanyak 11 atau 57,9%, pada siklus II sebanyak 14 siswa atau 73,7%, dan pada siklus III sebanyak 18 siswa atau 94,7%. Dengan pencapaian nilai rata- rata pada pra siklus adalah 60,5, dan pada siklus I meningkat menjadi 73,7, pada siklus II menjadi 81,05, dan pada siklus III meningkat menjadi 91,6. Hasil penelitian ini juga memenuhi target pencapaian KKM, Hal ini dapat dilihat dari 18 siswa atau 94,7% dari total 19 siswa dapat mencapai KKM individu atau kelas. Dengan demikian membuktikan bahwa pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam menggunakan metode Snowball Throwing pada siswa kelas IV MI Negeri Doplang dinyatakan berhasil, karena memenuhi standar keberhasilan pembelajaran yakni 94,7% lebih besar dari 85% (KKM kelas).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 02:23
Last Modified: 15 Feb 2016 02:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item