ANALISIS VARIABEL SOLVABILITAS DALAM MEMODERASI PENGARUH ANTARA FAKTOR EKONOMI MAKRO TERHADAP DANA PIHAK KETIGA (Studi Kasus Pada BCA Syariah Periode 2013-2022)

AINIAH, ZUMROTUL (2023) ANALISIS VARIABEL SOLVABILITAS DALAM MEMODERASI PENGARUH ANTARA FAKTOR EKONOMI MAKRO TERHADAP DANA PIHAK KETIGA (Studi Kasus Pada BCA Syariah Periode 2013-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ZUMROTUL AINIAH_63010190007_SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan solvabilitas dalam memoderasi pengaruh antara faktor ekonomi makro terhadap dana pihak ketiga pada BCA Syariah periode 2013-2022. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan MRA atau Moderated Regression Analysis sebagai alat analisis. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder dengan pola time series periode bulanan yang diperoleh dari laporan keuangan yang telah dikeluarkan oleh BCA Syariah. Kemudian inflasi dari data Bank Indonesia, nilai tukar mata uang dari data Kementerian Perdagangan RI, dan IHSG dari laporan statistik pasar modal OJK. Selain itu BI Rate, JUB, serta PDB di Indonesia yang diambil dari data BPS. Perangkat lunak untuk analisis data yang digunakan pada penelitian ini Eviews 10. Dengan hasil yang diperoleh ialah inflasi tidak menunjukkan pengaruh terhadap dana pihak ketiga, BI Rate tidak memiliki pengaruh terhadap dana pihak ketiga, jumlah uang beredar berpengaruh positif dan signifikan terhadap dana pihak ketiga, produk domestik bruto tidak mempunyai pengaruh terhadap dana pihak ketiga, solvabilitas dapat memoderasi hubungan nilai tukar mata uang terhadap dana pihak ketiga, dan solvabilitas dapat memoderasi hubungan indeks harga saham gabungan terhadap dana pihak ketiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2023 17:54
Last Modified: 27 Jul 2023 13:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17100

Actions (login required)

View Item View Item