DAMPAK PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK MEKARSARI KALIBEJI

dedesantie, dinda prescylia (2023) DAMPAK PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK MEKARSARI KALIBEJI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
DINDA PRESCYLIA_23050180016_PIAUD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dedesantie, Dinda Prescylia, 2022. Dampak Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Mekarsari Kalibeji. Skripsi, Salatiga : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing M. Agung Hidayatullah, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Dampak, Pembelajaran, pandemi covid-19, Perkembangan Motorik Halus. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembealajaran untuk stimulasi motorik halus anak kelompok B pada masa pandemi covid-19 di TK Mekarsari Kalibeji. Serta untuk mengetahui dampak pembelajaran pada masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Mekarsari Kalibeji. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara guru di TK Mekarsari Kalibeji, wali murid anak kelompok B dan peserta didik kelompok B. Kemudian Sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi hasil anak, dokumen profil sekolah TK Mekarsari Kalibeji, izin berdirinya sekolah dan laporan perkembangan anak, visi misi sekolahan, daftar guru dan penilaian anak di TK Mekarsari Kalibeji. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, strategi pembelajaran untuk stimulasi perkembangan motorik halus anak kelompok B pada masa pandemi covid-19 di TK Mekarsari Kalibeji; a) strategi pembelajaran yang berpusat pada anak. b) strategi perkembangan melalui bermain. c) strategi pembelajaran tepadu. d) startegi pembelajaran paud berbasis kreativitas. Jadi, strategi tersebut merupakan strategi yang diterapkan di TK Mekarsari Kalibeji ketika pembelejaran tatap muka maupun pembelajaran daring berlangsung. Selanjutnya kedua, dampak pembelajara pada masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok B di TK Mekarsari Kalibeji; a) dampak positif pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yaitu anak dapat belajar dengan full time dengan orang tua dan terhindar dari penyebaran penyakit covid-19. b) dampak negative pembelajaran pada masa pandemi covid-19 bahwa banyak siswa yang terdampak terhadap perkembangan motorik halus anak banyak anak yang perkembangannya lambar adapun perkembanganya sudah sesuai yang diharapkan oleh orang tua dan guru.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2023 18:22
Last Modified: 16 Jun 2023 18:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17113

Actions (login required)

View Item View Item