ANALISIS PENDAPAT DAN PERILAKU KELOMPOK MASYARAKAT SALAFI TERHADAP BUNGA BANK (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan al-Irsyad Salatiga)

SRIANI,M.H, ENDANG (2023) ANALISIS PENDAPAT DAN PERILAKU KELOMPOK MASYARAKAT SALAFI TERHADAP BUNGA BANK (Studi Kasus di Lembaga Pendidikan al-Irsyad Salatiga). UNSPECIFIED.

[img] Text
DUMMY BOOK - LP2M 2022+pengesahan.pdf

Download (487kB)

Abstract

Tidak sedikit masyarakat yang menganggap bunga bank sebagai sesuatu yang mubah untuk diambil namun terdapat pula yang menyatakan bahwa bunga bank sama dengan riba, sehingga hukumnya adalah haram. Salah satu pihak yang mengharamkan bunga bank adalah jamaah salafi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pendapat serta perilaku jamaah salafi yang ada di Lembaga Pendidikan al-Irsyad Salatiga terhadap bunga bank. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan empiris. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah data terkumpul maka penulis melakukan metode Analisa dengan mereduksi data-data yang tidak memiliki korelasi dengan tema penelitian, selanjutnya mendisplay data penelitian dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, kelompok masyarakat salafi di Lembaga Pendidikan al-Irsyad menganggap bunga bank hukumnya haram sebagaimana Riba, namun dalam implementasinya, Lembaga ini masih menggunakan bank yang berbasis bunga dengan alasan bunga bank tersebut tidak digunakan untuk kepentingan ibadah mahdah dan penggajian. Dalam perspektif Budaya hukum, para jamaah salafi ini mengetahui serta memahami bagaimana hukum bunga bank, akan tetapi perilaku mereka tidak sepenuhnya sejalan dengan pemahaman mereka terhadap bunga bank

Item Type: Book
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jun 2023 20:41
Last Modified: 23 Jun 2023 13:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17121

Actions (login required)

View Item View Item