HUBUNGAN EFIKASI AKADEMIK DENGAN SELF-DIRECTED LEARNING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI ISLAM UIN SALATIGA

rizkie, Muhammad apriliyanto (2023) HUBUNGAN EFIKASI AKADEMIK DENGAN SELF-DIRECTED LEARNING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI ISLAM UIN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizkie, Muhammad Apriliyanto. 2022. Hubungan antara Efikasi Akademik terhadap Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Skripsi. Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Agus Hermawan, M.A. Kata Kunci: Efikasi Akademik, Self Directed Learning, Mahasiswa Penelitian ini dilakukan: 1) Untuk mengetahui variasi efikasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi islam UIN Salatiga, 2) Untuk mengetahui variasi Self-Directed Learning pada mahasiswa program studi psikologi islam UIN Salatiga, 3) Untuk mengetahui hubungan efikasi akademik dengan Self-Directed Learning pada mahasiswa program studi psikologi islam UIN Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi yang adalah mahasiswa Program Studi Psikologi Islam Angkatan 2020 yang berjumlah 180 mahasiswa dan jumlah sample 61 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner berupa Skala Efikasi Akademik dan Skala Self-Directed Learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dengan variabel dee bantuan aplikasi statistik SPSS for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) efikasi akademik mahasiswa psikologi islam UIN Salatiga katagori sedang. sejumlah 61 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini terdapat 49 mahasiswa (80,3%) memiliki efikasi akademik yang sedang, 12 mahasiswa (19,7%) memiliki efikasi akademik yang tinggi; 2) Self-Directed Learning yang dialami oleh responden juga memiliki tingkat sedang. Dari 61 responden yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini terdapat 53 mahasiswa (86,9%) memiliki tingkat Self-Directed Learning yang sedang, 8 mahasiswa (13,1%) memiliki tingkat Self-Directed Learning yang tinggi; 3) Hubungan antara Efikasi Akademik dengan Self-Directed Learning pada mahasiswa program studi Psikologi Islam UIN Salatiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi akademik dengan Self-Directed Learning pada mahasiswa prodi Psikologi Islam UIN Salatiga sebesar (p= < 0,5 = 0,640). Hasil ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif sehingga hipotesis terbukti dan diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2023 18:10
Last Modified: 19 Jun 2023 18:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17130

Actions (login required)

View Item View Item