Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Ibadah Salat Fardhu dan Sujud Sahwi Melalui Metode Two Stay Two Stray dan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII A Semester I MTs Aswaja Tengaran Tahun Ajaran 2021/2022

alif, wahyu nur (2023) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Ibadah Salat Fardhu dan Sujud Sahwi Melalui Metode Two Stay Two Stray dan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VII A Semester I MTs Aswaja Tengaran Tahun Ajaran 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Alif Revisi (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Alif, Wahyu Nur. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Ibadah Shalat Fardhu dan Sujud Sahwi Melalui Metode Two Stay Two Stray dan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VII A Semester I MTs Aswaja Tengaran. Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci; Hasil Belajar, Metode Two Stay Two Stray, Media Audio Visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fiqih materi ibadah shalat fardhu dan sujud sahwi dengan metode pembelajaran two stay two stray dan media audio visual pada siswa kelas VII A MTs Aswaja Tengaran Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian sebanyak 16 siswa, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dimulai dari tanggal 10 Januari sampai 06 April 2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan pencapaian ilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini adalah penggunaan metode two stay two stray dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, sebagai berikut: padapra siklus diperoleh data 4 siswa dari 16 siswa mencapai ketuntasan dengan prosentase 25%, siklus I meningkat 9 siswa dari 16 siswa mencapai ketuntasan dengan prosentase 55% dan pada siklus II meningkat 16 siswa dari 16 siswa mencapai ketuntasan dengan prosentase 100%. Adapun selisih peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus sebesar 30%, dan siklus I ke siklus II meningkat sebesar 45%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2023 22:17
Last Modified: 20 Jun 2023 22:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17147

Actions (login required)

View Item View Item