CITRA PEREMPUAN MUSLIMAH DALAM IKLAN SHAMPO SUNSILK HIJAB ICE TEA 2021 VERSI LAUDYA CHYNTHIA BELLA

yulianti, Gita (2023) CITRA PEREMPUAN MUSLIMAH DALAM IKLAN SHAMPO SUNSILK HIJAB ICE TEA 2021 VERSI LAUDYA CHYNTHIA BELLA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi_Gita Yulianti_43010190016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yulianti Gita. 2023. “Citra Perempuan Muslimah Dalam Iklan Shampo Sunsilk Hijab Ice Tea 2021 Versi Laudya Chynthia Bella”. Skripsi Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing : Muhamad Fahrudin Yusuf, M.A. Kata Kunci: Citra perempuan muslimah, konsep perempuan muslimah, analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini bermaksud untuk mendapatkan gambaran sosok perempuan muslimah dari pesan yang disampaikan dalam iklan shampo Sunsilk Hijab Ice Tea 2021 versi Laudya Chynthia Bella. Pesan yang ingin disampaikan dalam hal yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Pernyataan riset yang disampaikan sebagai berikut. 1) Mengungkap citra perempuan muslimah dalam iklan shampo sunsilk Hijab Ice Tea 2021 Versi Laudya Chynthia Bella. 2) Menjelaskan konsep perempuan muslimah dalam iklan shampo sunsilk hijab ice tea 2021 versi laudya chynthia Bella. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. data yang diperoleh peneliti dianalisis dengan menggunakan analisis Semiotika Roland Barthes. Langkah-langkah yang ditempuh peneliti dalam menganalisis data adalah: 1) Melihat tayangan iklan shampoo Sunsilk Hijab Ice Tea 2021 versi Laudya Chynthia Bella lewat media online yang diunduh melalui youtube. 2) Mengamati setiap adegan yang ada didalamnya, kemudian gambar di screen shoot pada setiap scene. 3) Dari potongan gambar atau screen shoot dalam iklan tersebut di identifikasikan jenis tanda-tanda yang ada dalam iklan shampoo Sunsilk Hijab Ice Tea 2021 versi Laudya Chynthia Bella berdasarkan denotasi, konotasi, mitos, dan simbol terhadap citra perempuan dalam iklan tersebut. 4) Selanjutnya memaknai secara keseluruhan mengenai citra perempuan dalam iklan shampoo Sunsilk Hijab Ice Tea 2021 versi Laudya Chynthia Bella. Hasil Penelitian ini adalah 1) Citra perempuan muslimah yang ditampilkan dalam iklan shampo Sunsilk Hijab Ice Tea 2021 versi Laudya Chynthia Bella menunjukkan sosok perempuan yang menonjolkan sifat kewanitaany. 2) Sebagai perpaduan antara bentuk kecantikan fisik dengan personality yang baik dari seorang perempuan muslimah dalam iklan. 3) konsep perempuan muslimah yang terkandung dalam iklan ini Laudya Chynthia Bella dan ke tiga pemeran perempuan lainnya menggunakan pakaian yang mencerminkan realitas sekarang dengan trend busana muslimah modern.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2023 17:19
Last Modified: 21 Jun 2023 17:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17167

Actions (login required)

View Item View Item