Pengaruh Tingkat Pengangguran, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), Dan Zakat Terhadap Kemiskinan Di Jawa Tengah Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Intervening (Periode 2017-2021)

Wardani, Listiana Vala (2023) Pengaruh Tingkat Pengangguran, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), Dan Zakat Terhadap Kemiskinan Di Jawa Tengah Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Intervening (Periode 2017-2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI_LISTIANA VALA WARDANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wardani, Listiana Vala 2023. Pengaruh Pengangguran, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), dan Zakat Terhadap Kemiskinan di Jawa Tengah Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Intervening (Periode 2017-2021). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Anton Bawono, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Pengangguran, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), dan Zakat Terhadap Kemiskinan di Jawa Tengah Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Intervening (Periode 2017-2021). Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif data sekunder yang didapatkan dari website Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah dan Badan Amil Zakat (BAZNAS) Provinsi Jawa Tengah dengan tekhnik purposive sampling. Kemudian hasil yang diperoleh diolah dengan Eviews versi 10. Analisis yang digunakan meliputi statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji pemilihan model, uji asumsi klasik, uji path analysis, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian pengangguran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan, Zakat berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan, Pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan, Pertumbuhan ekonomi mampu memediasi pengangguran dan TPAK terhadap kemiskinan dan Pertumbuhan ekonomi tidak mampu memediasi pengaruh zakat terhadap kemiskinan di Jawa Tengah. Kata kunci: Pengangguran, TPAK, Zakat, Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2023 05:33
Last Modified: 22 Jun 2023 05:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17188

Actions (login required)

View Item View Item