PENGARUH SELF SERVICE TECHNOLOGY DAN PRODUCT INNOVATION TERHADAP LOYALITAS MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH DENGAN ISLAMIC DIFFERENTIATION ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Masyarakat Kota Semarang)

ulfa, awalia lisna (2023) PENGARUH SELF SERVICE TECHNOLOGY DAN PRODUCT INNOVATION TERHADAP LOYALITAS MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH DENGAN ISLAMIC DIFFERENTIATION ADVANTAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Masyarakat Kota Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Lengkap Awalia Lisna Ulfa (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Dengan adanya persaingan yang ketat pada Lembaga Perbankan maka penelitian ini dapat memberikan strategi untuk memenangkan persaingan Perbankan Syariah melalui sumber daya tidak berwujud, sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Self Service Technology dan Product Innovation terhadap loyalitas masyarakat pada Bank Syariah dengan Islamic Differentiation Advantage sebagai variabel intervening. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada Masyarakat Kota Semarang yang berusia produktif dan menjadi nasabah bank syariah sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Alat analisis data berupa IBM SPSS Statistics versi 29. Analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji statistik, path analysis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka memperoleh hasil: Pertama, Self Service Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Kedua, Product Innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Ketiga, Islamic Differentiation Advantage berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Keempat, Self Service Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap Islamic Differentiation Advantage. Kelima, Product Innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap Islamic Differentiation Advantage. Keenam, Islamic Differentiation Advantage dapat memediasi hubungan antara pengaruh Self Service Technology terhadap loyalitas. Ketujuh, Islamic Differentiation Advantage dapat memediasi hubungan antara pengaruh Product Innovation terhadap loyalitas. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan Perbankan Syariah dapat mengoptimalkan sumber daya tidak berwujudnya supaya memenangkan persaingan dalam pangsa pasar yang sama.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2023 11:52
Last Modified: 22 Jun 2023 11:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17189

Actions (login required)

View Item View Item