PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN DESA WISATA (STUDI DESKRIPTIF WADUK RANDUGUNTING DESA GAPLOKAN KECAMATAN JAPAH KABUPATEN BLORA)

albab, Ulil (2023) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN DESA WISATA (STUDI DESKRIPTIF WADUK RANDUGUNTING DESA GAPLOKAN KECAMATAN JAPAH KABUPATEN BLORA). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi munaqosah ulil.pdf

Download (2MB)

Abstract

Albab, Ulil. 2023. Partisipasi Masyarakat Dalam Mengembangkan Desa Wisata (Studi Deskrptif Waduk Randugunting Desa Gaplokan, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora). Skripsi. Salatiga: Progam Studi Pengembangan Masyarakat Islam Uiniversitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Rifqi Fairuz, M.A. Kata Kunci : Partisipasi, Masyarakat, dan Desa Wisata. Tujuan yang hendak dicapsi dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bentuk partisipasi masyarakat dalam mengembangkan desa wisata di Desa Gaplokan, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora. 2) untuk mengetahui hasil dari partisipasi masyarakat dalam mengembangkan desa wisata di Desa Gaplokan, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif, dan penelitian ini bersifat penelitian lapangan, yaitu penelitian yang mengambil data dari lapangan atau dari pengamatan mengenai fenomena yang terjadi di lapangan. Penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada satu obyek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti tentang partisipasi masyarakat dalam mengembangkan desa wisata di Desa Gaplokan Kecamatan Japah Kabupaten Blora. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti terdapat empat bentuk partisipasi masyarakat dalam mengembangkan desa wisata yaitu partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan kegiatan, partisipasi masyarakat dalam pemantauan dan evaluasi, dan partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan hasil pembangunan. Pemahaman masyarakat mengenai desa wisata masih sangat rendah dikarenakan minimnya pendidikan yang diperoleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan rendahnya pendidikan masyarakat yang menyebabkan rendahnya sumber daya manusia pun menjadi rendah pula. Masih banyak dari masyarakat yang belum mau terlibat dalam mengembangkan desa wisata, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa sudah ada beberapa masyarakat yang sudah mau ikut mengembangkan desa wisata. Sedangkan hasil dari partisipasi masyarakat dalam mengembangkan desa wisata masih belum maksimal dan masih perlu diperhatikan lagi. Menanggapi hal tersebut, pengelola wisata dan pemerintah setempat terus berupaya agar semakin banyak yang mau terlibat atau berpartisipasi dalam mengembangkan desa wisata ini.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2023 21:38
Last Modified: 22 Jun 2023 15:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17208

Actions (login required)

View Item View Item