Syifa, Atika wulan (2023) PENERAPAN KEGIATAN BERKEBUN DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KB SALSABILA KECAMATAN PRINGSURAT TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
BISMILLAH ACC BAB 1-4 bahasa indonesia.pdf Download (2MB) |
Abstract
Syifa, Atika Wulan. 2022. Penerapan Kegiatan Berkebun dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini di KB Salsabila Kecamatan Pringsurat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sri Marwiyati, M.Pd. Kata Kunci: Berkebun, Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan kegiatan berkebun dalam mengembangkan sosial emosional pada anak usia dini serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan kegiatan berkebun dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di KB Salsabila Kecamatan Pringsurat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas sedangkan sumber data sekundernya berupa dokumentasi kegiatan, administrasi sekolah dan data-data lain terkait penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1)Penerapan kegiatan berkebun pada anak usia 4-5 tahun di KB Salsabila Kecamatan Pringsurat dilaksanakan pada hari Jumat setiap minggunya. Kegiatan berkebun ini meliputi tahap perencanaan, tahap melaksanakan, dan tahap evaluasi. Macam-macam kegiatan berkebun yang anak lakukan yaitu: menanam, merawat, membuat pupuk, membuat obat hama, atau bermain sambil belajar memanfaatkan perkebunan. Dengan penerapan kegiatan berkebun ini mampu menstimulasi perkembangan sosial emosional pada anak usia 4 - 5 tahun seperti dalam hal bersikap mandiri, percaya diri, disiplin, tidak mudah menyerah peduli terhadap lingkungan, mentaati peraturan dan berempati terhadap orang lain. Hanya saja dalam sikap disiplin dan mentaati peraturan anak-anak masih perlu arahan yang lebih. 2)Faktor pendukung kegiatan berkebun ini yaitu rasio pendidik dengan anak 1:5 membuat para pendidik dapat maksimal mengawasi anak, sarana dan prasarana yang mendukung, pemanfaatan media belajar, serta respon anak yang baik terhadap kegiatan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sistem pembelajaran dua kelompok kelas dalam satu kegiatan padahal umur mereka berbeda serta tingkat perkembangannya juga berbeda, perbedaan ketertarikan kegiatan tiap anak, adanya anak yang hiperaktif, kurang luasnya lahan perkebunan, dan kurangnya variasi kegiatan berkebun.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 22:31 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 22:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17280 |
Actions (login required)
View Item |