PENGEMBANGAN OBYEK WISATA UMBUL TLATAR DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KEBONBIMO KECAMATAN BOYOLALI KABUPATEN BOYOLALI

sabilla, Genza macita oksal (2023) PENGEMBANGAN OBYEK WISATA UMBUL TLATAR DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KEBONBIMO KECAMATAN BOYOLALI KABUPATEN BOYOLALI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI GENZAAAAA fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Oksal Sabilla, Genza Macita ‘. Pengembangan Obyek Wisata Umbul Tlatar Dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Di Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah. Univestitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Sri Suparwi, M.A. Kata Kunci : Pengembangan, Kemandirian Ekonomi, Masyarakat, Obyek Wisata Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengembangan obyek wisata Umbul Tlatar dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat di desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali. 2) Untuk mengetahui pemanfaatan peluang usaha obyek wisata Umbul Tlatar dalam meningkatan kemandirian ekonomi masyarakat di desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data ini meliputi sumber data primer dengan hasil wawancara terhadap Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Kepala desa Kebonbimo, masyarakat, ketua Pokdarwis di obyek wisata Umbul Tlatar di desa Kebonbimo. Sumber data sekunder diambil dari Buku, Laporan, arsip-arsip, media elektronik, dan jurnal terkait pengembangan obyek wisata. adapun pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan melalui lapangan kemudian dibuat catatan lapangan dan narasi hasil dari penelitian. Narasi yang dibuat dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Data yang dianalisis kemudian divalidasi dengan tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Potensi pengembangan obyek wisata Umbul Tlatar seperti, peran pemerintah dalam pengembangan/pembangunan, strategi pengembangan inovasi wisata menurut 3 komponen (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas), peran masyarakat, strategi pengembangan daya tarik wisata dalam 5 komponen (Atraksi wisata, promosi/pemasaran, pasar wisata, transportasi, masyarakat). 2) Pemanfaatan peluang usaha dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat seperti, upaya pemerintah dalam membina masyarakat dan aparatur pemerintah untuk meningkatkan kompetensi SDM di bidang pariwisata, membentuk komunitas sadar wisata atau POKDARWIS, membentuk kelompok RUSTAB atau perkumpulan pedagang di area obyek wisata Tlatar, upaya masyarakat untuk menciptakan kemandirian ekonomi dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:19
Last Modified: 27 Jun 2023 03:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

View Item View Item