Simbol dan Fungsi “Nyadran” dalam Perspektif Filsafat Sosial (Studi atas Tradisi Nyadran di Desa Manjung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten

Hum, Dr. Waryunah Irmawati, M. (2023) Simbol dan Fungsi “Nyadran” dalam Perspektif Filsafat Sosial (Studi atas Tradisi Nyadran di Desa Manjung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten. UNSPECIFIED.

[img] Text
LAPORAN HASIL Penelitian 2018 Nyadran Klaten Lengkap.pdf

Download (912kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Simbol dan Fungsi “Nyadran” dalam Perspektif Filsafat Sosial (Studi atas Tradisi Nyadran di Desa Manjung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten” bertujuan untuk mesdeskripsikan tentang prosesi upacara Nyadran di desa Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten berlangsung, mendeskripsikan latar belakangi tradisi Nyadran di Desa Manjung. Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten sampai sekarang tetap berlangsung dan menganalisa simbol dan fungsi dalam tradisi Nyadran di Desa Manjung. Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten dalam perspektif filosofis sosial. Pendekatan Filsafat sosial diperlukan untuk melihat hakekat dari pada Nyadran dilihat dari segi keberadaannya dan segi fungsinya, sedangkan untuk melihat makna dan simbol fungsi dengan menggunakan teori sosial Fungsionalisme simbolik dan Interaksi simbolik. Metode yang dipakai untuk melakukan mendekatan ini adalah dengan metode deskripsi dan vertehen dengan diperdalam metode interpretasi. Dengan teknik pengumpulan data observasi , dokumentasi dan wawancara langsung dengan para informan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Nyadran di desa Manjung Ngawen memiliki simbol dan makna yang dapat dijadikan sebagai nilai keteladanan yaitu : adanya nilai kegotongroyongan, kerukunan, kekompakan, penyucian diri dan selalu ingat kepada Tuhan. Dilihat dari fungsinya maka nyadran memiliki fungsi sebagai wahana perekat sosial, media interaksi sosial, sarana membangun jati diri bangsa, rasa kebangsaan dan nasionalisme, akan menjadikan Indonesia yang rukun, ayom, ayem dan tenteram Key word : Tradisi Nyadran, Makna, Simbol, Fungsi, Desa Manjung, Fungsional.

Item Type: Book
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2023 14:48
Last Modified: 30 Jun 2023 14:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17319

Actions (login required)

View Item View Item