PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN BARANG BEKAS TERHADAP PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN TUNTANG, SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

, Ida farihatul maria (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN BARANG BEKAS TERHADAP PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN TUNTANG, SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Ida Farihatul Maria 23040190044 Skripsi....pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Maria, Ida Farihatul. 2023. Pengaruh Model Project Based Learning dengan Menggunakan Barang Bekas Terhadap Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Pada Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Tuntang, Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning; Barang Bekas; Profil Pelajar Pancasila Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) penggunaan model PjBL dengan menggunakan barang bekas pada MI Ma’arif Sraten Kecamatan Tuntang, (2) hubungan Profil Pelajar Pancasila pada MI Ma’arif Sraten Kecamatan Tuntang, (3) adakah pengaruh model Project Based Learning dengan menggunakan barang bekas terhadap pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada MI Kecamatan Tuntang, Semarang tahun ajaran 2022/2023. Peneliti menggunakan jenis penelitian murni (True Experiment) dan model Pretest-Posttest Control Group. Kuisoner, wawancara, pengamatan dan dokumentasi merupakan sumber data dari penelitian ini. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa ada pengaruh model Project Based Learning dengan menggunakan barang bekas terhadap pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Tuntang, Semarang tahun ajaran 2022/2023. Hasil uji normalitas didapatkan data berdistribusi normal, dikarenakan nilai signifikansi pada Shapiro- Wilk > 0,05. Kemudian uji homogenitas levene statics juga menunjukan hasil 0,089 > 0,05, artinya data dikatakan homogen.Uji Independent Sample t test digunakan peneliti ketika uji hipotesis dengan hasil signifikansi (2-tailed) = 0,000, yang artinya kurang 0,05, maka H0 ditolak. Kemudian peneliti menggunkan sampel sejumlah 33 yang terdiri dari 17 orang kelas eksperimen dan 16 orang kelas kontrol, maka df = (33 – 2 = 31) dengan taraf sig 0,05 mendapatkan nilai tabel = (+ 2.242), kemudian t hitung = (+9.429), maka nilai 9.429 ≥ 2.242 maka H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model Project Based Learning dengan menggunakan barang bekas terhadap pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada MI kecamatan Tuntang, Semarang tahun ajaran 2022/2023

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2023 18:06
Last Modified: 30 Jun 2023 18:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17322

Actions (login required)

View Item View Item