PENGARUH KARAKTER EKSEKUTIF, RETURN ON ASSET, DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2016-2021

SANTICHA, NURUL DWI (2023) PENGARUH KARAKTER EKSEKUTIF, RETURN ON ASSET, DAN LEVERAGE TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2016-2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NURUL DWI SANTICHA 2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Karakter Eksekutif, Return On Asset, dan Leverage terhadap Tax Avoidance dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi pada Bank Umum Syariah Periode 2016-2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan data sekunder berbentuk data panel. Sampel yang digunakan sebanyak 10 bank umum syariah yang terdaftar di OJK pada periode 2016-2021, dengan data pertahun sehingga total sampel sebanyak 60. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengakses laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan pada masing-masing website bank. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan alat analisis Eviews 9. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi data panel, uji MRA, uji asumsi klasik, dan uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Karakter Eksekutif yang diproksikan dengan Risiko Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Tax Avoidance, Return On Asset berpengaruh positif signifikan terhadap Tax Avoidance, Leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Tax Avoidance. Berdasarkan analisis MRA, variabel Ukuran Perusahaan dapat memoderasi pengaruh Risiko Perusahaan dan Return On Asset terhadap Tax Avoidance. Sedangkan, Ukuran Perusahaan tidak mampu memoderasi Leverage terhadap Tax Avoidance. Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Karakter Eksekutif, Return On Asset (ROA), Leverage, dan Tax Avoidance.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2023 00:00
Last Modified: 08 Aug 2023 10:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17328

Actions (login required)

View Item View Item