KOLABORASI ORANGTUA DAN GURU MENANAMKAN NILAI TOLERANSI DALAM PERGAULAN (PENELITIAN KUALITATIF NATURALISTIK DI SMP NEGERI 1 MIRI KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2023)

Adli, Farhan (2023) KOLABORASI ORANGTUA DAN GURU MENANAMKAN NILAI TOLERANSI DALAM PERGAULAN (PENELITIAN KUALITATIF NATURALISTIK DI SMP NEGERI 1 MIRI KECAMATAN MIRI KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2023). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
THESIS FARHAN FIX CETAK JULI 2023 YESSSS FINALLY.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kolaborasi Orangtua dan Guru Menanamkan Nilai Toleransi Dalam Pergaulan (Penelitian Naturalistik Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Miri Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2023) Pembimbing: Prof. Dr. Sa’adi, M.Ag Latar belakang budaya, perilaku, dan cara memandang sesuatu secara alami dipengaruhi oleh nilai-nilai agama yang dianutnya, dan tercermin dalam sikap yang mereka tunjukkan dalam kehidupan sekolah sehari-hari. Oleh karena itu, sekolah harus mampu menanamkan nilai-nilai toleransi kepada kalangan siswa, agar mereka dapat menerima perbedaan tanpa merendahkan orang lain atau menghalangi hak individu lain .Hal di atas menunjukkan bahwa dibutuhkannya kolaborasi antara pendidik dengan siswa untuk menyatukan perspektif siswa terkait urgensi toleransi dalam kehidupan yang majemuk sehingga mampu untuk hidup damai, tanpa perlu melihat orang lain yang berbeda sebagai musuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kolaborasi, faktor pendukung dan penghambat serta solusi terhadap hambaran yang dihadapi selama proses kolaborasi orangtua dan guru dalam menanamkan nilai toleransi dalam pergaulan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Miri. Sedangkan jenis penelitian ini adalah kualitatif naturalistik dimana pelaksanaan penelitian terjadi secara alamiah, ada adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinua serta menekankan pada deskripsi secara alami. Pengumpulan data dilakukan dengan naturalistik observasi dan indepth interview yang diperkuat dengan dokumentasi foto atau video. Analisis data dilakukan secara induktif dimana bertujuan untuk informasi yang masuk melalui kategorisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses kolaborasi yang dilakukan adalah dengan mengadakan pertemuan, memaksimalkan peran walikelas dan orangtua melalui media komunikasi, pendampingan dan pemanggilan orangtua, memanfaatkan waktu setelah ibadah gereja untuk berkomunikasi dengan orangtua siswa. (2) Faktor pendukungnya adalah adanya support dari kepala sekolah dan guru, adanya program pembiasaan yang dilakukan dengan terjadwal baik yang beragama Islam maupun non-Islam, adanya fasilitas keagamaan yang disediakan bagi semua agama. Faktor penghambatnya adalah kesulitan dalam menjaga sifat istiqomah, keadaan lingkungan tempat bergaul siswa, keadaan lingkungaan keluarga yang broken home. (3) Solusi yang digunakan untuk mengatasi faktor penghambatnya adalah menjalin dan menjaga komunikasi yang baik antara orangtua dan guru, memberikan motivasi kepada anak didik serta mengajak anak didik untuk terjun langsung ke masyarakat sekitar. Kata Kunci: Kolaborasi, Toleransi, Pergaulan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2023 18:09
Last Modified: 03 Jul 2023 18:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17334

Actions (login required)

View Item View Item