INTERNALISASI PAI DALAM MENANAMKAN NILAI TANGGUNG JAWAB DAN RELIGIUSITAS SISWA DI MTs AL-IRSYAD TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TH.2022/2023.

MAKSUR, (2023) INTERNALISASI PAI DALAM MENANAMKAN NILAI TANGGUNG JAWAB DAN RELIGIUSITAS SISWA DI MTs AL-IRSYAD TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TH.2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS MAKSUR - REVISI 3.pdf

Download (3MB)

Abstract

Internalisasi Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Nilai Tanggung Jawab dan Religiusitas siswa di MTs Al-Irsyad Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Tesis, Program studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Dr. Setia Rini, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai tanggung jawab pada siswa, mendeskripsikan proses internaslisasi Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan religiusitas siswa dan mendeskripsikan hambatan yang dihadapi saat proses internalisasi Pendidiakn Agama Islam dalam menanamkan nilai tanggung jawab dan religiusitas siswa di MTs Al-Irsyad Tengaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Adapun analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarian kesimpulan. Sedangkan pengukuran validitas dan reliabilitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai tanggung jawab pada siswa dapat diwujudkan dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya tanggung jawab melalui pengarahan dari Madrasah, melalui kegiatan belajar mengajar, melatih siswa agar bertanggung jawab seperti menegur dan menasehati siswa yang tidak mengerjakan tugas dan tidak masuk kelas tepat waktu, dan memberikan sanksi bagi siswa yang tidak menerminkan seorang yang bertanggung jawab. Dan proses internalisasi Pendidikan Agama islam dalam menanamkan religiusitas siswa dapat diwujudkan dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya sikap religius, melatih bersikap religus seperti sholat wajib lima waktu berjamaah di Masjid, selalu berzikir setelah sholat dan selalu membaca alqur’an setiap hari, dan memerikan penghargaan dan sanksi sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan faktor penghambatnya adalah motivasi belajar sebagian siswa yang rendah seperi kurang semangat dalam mengikuti pelajaran di kelas dan malas-malasan dalam melakukan kewajiban sebagai siswa, asal daerah siswa yang berbeda, sumber daya manusia yang kurang memadai dan kurangnya kesadaran yang dimiliki oleh sebagian siswa. Kata Kunci: internalisasi, Pendidikan Agama Islam, tanggung jawab, religiusitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2023 18:22
Last Modified: 03 Jul 2023 18:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17336

Actions (login required)

View Item View Item