NILAI-NILAI PATRIOTISME DAN NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS DI KELAS V MI ASAS ISLAM KALIBENING

Arifah, Ulfa Nur (2023) NILAI-NILAI PATRIOTISME DAN NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS DI KELAS V MI ASAS ISLAM KALIBENING. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
23040170030 Ulfa Nur Arifah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme kepada siswa kelas V di MI Asas Islam Kalibening. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Responden penelitian ini yaitu: Kepala Sekolah dan Guru (wali kelas) 3. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan: penanaman nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme yang dilakukan oleh guru MI Asas Islam Kalibening mendapati kendala terhadap adanya sebuah wabah yang sedang melanda Tanah Air, maka dari itu para guru menggunakan cara ajar dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Upaya yang dilakukan guru untuk menanamkan sikap kedisiplinan kepada siswa adalah dengan cara Upacara pada hari Senin, memutarkan lagu-lagu Nasional di setiap pagi dan memberi nasihat ketika akan melakukan pelajaran tatap muka, Untuk kendala yang dialami saat terjadinya kegiatan mengajar adalah pemahaman siswa yang berkurang dikarenakan minimnya waktu yang disediakan oleh sekolah, kurangnya partisipasi orang tua terhadap penanaman sikap patriotism dan nasionalisme d lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2023 18:26
Last Modified: 03 Jul 2023 18:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17338

Actions (login required)

View Item View Item