INTEGRASI NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PERILAKU KEPEDULIAN SISWA DI SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

cahyono, Agung (2023) INTEGRASI NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PERILAKU KEPEDULIAN SISWA DI SMP ISLAM AL AZHAR 18 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS AGUNG CAHYONO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Integrasi Nilai Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya terhadap Perilaku Kepedulian Siswa di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalis penerapan profil pelajar Pancasila, integrasi nilai profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan implementasinya terhadap Perilaku kepedulian siswa di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama; Integrasi projek Profil Pelajar Pancasila dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SMP Islam Al Azhar 18 salatiga adalah dengan menyelipkan dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI, dengan tahapan; a) memilih buku ajar yang sesuai yaitu dengan buku terbitan Kemenag kurikulum merdeka, b) guru menganalisis kesesuaian materi dengan dimensi profil pelajar Pancasila dan c) guru menyusun modul ajar atau RPP. Kedua; Implementasi projek Profil Pelajar Pancasila di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga baru dilaksanakan pada kelas 7 tahun pelajaran 2022/2023, dan implementasinya terdiri dari tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Dimana tahapan persiapan terdiri dari: (a) merancang alokasi waktu dan dimensi profil pelajar pancasila, (b) membentuk tim fasilitasi projek (c) identifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan (d) pemilihan tema umum (e) dan merancang modul projek. Kemudian tahapan pelaksanaan terdapat dua cara penerapan yang pertama terintegrasi dengan mata pelajaran termasuk pada mata pelajara PAI dan yang kedua dilaksanakan tersendiri yaitu melalui seminar- seminar dan pelatihan. Adapun tahapan yang terakhir yaitu evaluasi dengan kegiatan menganalisis hasil rubrik penilaian yang dibahas secara bersama dengan dewan guru yang tergabung dengan tim fasilitasi. Ketiga; Implikasi dari implementasi Integrasi Profil Pelajar Pancasila dengan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku kepedulian siswa kelas 7 di SMP Islam Al Azhar setidaknya terdiri dua aspek kepedulian, yaitu kepedulian sosial yang terbukti meningkatnya kesadaran mereka terhadap nilai-nilai pancasila, lebih peka terhadap isu-isu sosial dengan berempati dan berkontribusi terhadapnya, demikan pula kepedulian peserta didik terhadap lingkungan, terbukti dengan meningkatnya kesadaran mereka untuk menjaga lingkungan dengan merawat, tidak merusak, buang sampah pada tempatnya serta hemat dalam penggunakan listrik, air, dan pengelolaan sampah yang baik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2023 20:58
Last Modified: 07 Jul 2023 13:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17342

Actions (login required)

View Item View Item